Ulasan Infinix XE20: TWS Semi-In-Ear Gaming Terjangkau

Infinix XE20


EEarphone TWS murah memang mulai menjamur sepanjang tahun 2021. Dengan semakin banyaknya smartphone yang tidak dilengkapi dengan audio jack 3.5mm, akhirnya masyarakat mulai memilih kepraktisan TWS. Infinix XE20 juga tersedia untuk pengguna yang tidak ingin merogoh kocek lebih dalam, dengan penawaran harga yang sangat murah.

Ya, Infinix juga masuk kategori wearable dengan menghadirkan earphone nirkabel Infinix XE20. Jika smartphone selalu dapat memberikan nilai lebih dengan harga terjangkau, begitu juga TWS pertama yang satu ini. Tak hanya murah, aksesoris audio murahan ini juga diklaim cocok untuk Anda yang gemar bermain game.

Ya, dengan kata lain, Infinix masih bisa memberikan konektivitas yang sangat baik, sesuatu yang tidak banyak ditawarkan oleh para pesaingnya dengan harga yang sedikit lebih mahal. Lalu bagaimana dengan kualitas secara keseluruhan? Berikut ulasan lengkap TWS Infinix XE20.

Ringkasan Daftar Isi

Tunjukkan kepadaku

Membentuk

Anggun! Itulah kesan pertama saya saat pertama kali melihat unit Infinix XE20 warna hitam ini. Saya agak kaget juga, karena warna di dalam kotak itu putih. Lalu bagaimana saat Anda memegangnya? Yah, saya langsung merasa bahwa harganya masuk akal.

Casing pengisi daya dan earphone terbuat dari bahan plastik ringan, dengan permukaan mengkilap. Kelihatannya bagus, asalkan bersih, karena juga mudah meninggalkan sidik jari. Setelah dua minggu penggunaan, bodi Infinix XE20 juga memiliki goresan halus — hanya terlihat pada kondisi pencahayaan tertentu.

Setidaknya mekanisme buka tutup holster cukup kokoh, dan earphone Infinix XE20 juga mudah dibawa atau dimasukkan ke dalam holster. Sertifikasi IPX4 membuatnya aman untuk cipratan air, serta digunakan saat berolahraga.

Namun sepertinya kurang pas, mengingat Infinix XE20 mengusung desain half-in-ear. Artinya, tidak dilengkapi dengan karet atau ujung telinga, “satu ukuran cocok untuk semua”. Tidak cocok untuk semua ukuran telinga, termasuk saya. Nyaman, tidak lelah bahkan berjam-jam. Tapi kurang akurat.

Fitur

Infinix XE20

Hadir sebagai earphone gaming TWS, Infinix XE20 didukung konektivitas yang prima. Perangkat ini mendukung standar Bluetooth 5.0 dengan transmisi saluran ganda, di mana Anda bebas menghubungkan earphone kiri atau kanan satu per satu, bahkan hingga jarak 10 meter.

Adanya Bluetooth 5.0 membuat perangkat ini memiliki latency yang rendah, melalui flagship “Super low latency” hanya 60ms. Tanpa perlu mengaktifkan mode khusus, bermain game seperti PUBG Mobile hingga CODM akan tetap nyaman, bisa mendengar langkah musuh atau suara pemain lain dengan delay minimal.

Infinix XE20

Proses koneksinya juga cukup cepat. Tidak ada tombol di sarungnya, tentu saja, tetapi mode berpasangan dapat diakses dengan gerakan khusus. Tidak ada lagi fitur peredam bising, dan dengan desain partial in-ear, tidak ideal bagi Anda yang menginginkan suasana kedap suara di luar ruangan.

Tidak banyak fitur yang dapat dibahas, karena Infinix XE20 hadir tanpa aplikasi yang dapat diinstal di Android dan iOS. keuntungan? Mudah, Anda bisa menggunakannya. Oh ya, untuk kebutuhan ponsel, mikrofon sudah standar dan tidak ada noise reduction.

Operasi

Infinix XE20

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Infinix XE20 mendukung kopling instan. Saat earphone diangkat atau dikeluarkan dari wadah pengisi daya, earphone secara otomatis terhubung ke perangkat terakhir. Itu belum mendukung koneksi mulus, jadi Anda tidak dapat beralih langsung ke perangkat lain.

Artikel terkait

Ulasan Realme 8i: Pengalaman Layar 120Hz Untuk Lebih…

Review OPPO A95: Hadirkan NFC, Fitur Lebih Lengkap

Ulasan Fujitsu Lifebook U9311: Portabilitas & Keamanan…

Moto Watch 100 Tidak Jalankan Wear OS, Harga Lebih Murah

Permukaan earphone eksternal Infinix XE20 juga mendukung gerakan sentuh. Jalan pintas itu sendiri hampir sama; satu sentuhan untuk menjawab panggilan atau musik, ketuk dua kali ke kanan untuk melewati lagu atau tahan satu detik untuk memanggil asisten suara Google atau Siri.

Sekarang, jika Anda menyentuhnya untuk waktu yang lama, Anda dapat mematikan dan menghidupkan perangkat — gerakan ekstra yang menurut saya tidak perlu. Sementara itu, jika Anda menahannya selama 7 detik, Anda dapat masuk ke mode berpasangan untuk terhubung ke perangkat baru.

Memang, itu tidak dapat diubah atau disesuaikan melalui aplikasi. Namun setidaknya shortcut bawaan ini cukup beragam. Tidak perlu mengetuk keras dan bodi luar Infinix XE20 sudah bisa merespon dan mengaktifkan shortcut sesuai keinginan.

Baterai

Infinix XE20

Jadi salah satu flagship lainnya, Infinix XE20 hadir dengan baterai yang diklaim berkapasitas besar — ​​Infinix tidak memberikan informasi ukuran dalam satuan mAh. Namun, waktu bermainnya cukup lama.

Dalam sekali penggunaan, dapat menahan pemutaran musik selama sekitar 3,5 – 4 jam. Sedangkan jika dipadukan dengan casing charger bisa bertahan hingga 30 jam. Jika Anda memutar lagu selama sekitar 3-4 jam sehari, diperlukan waktu hingga satu minggu atau lebih, sebelum Anda perlu mengisi ulang.

Nah, umumnya TWS yang terjangkau masih menggunakan port micro USB, namun tidak dengan Infinix XE20. Penggunaan port USB-C di bagian bawah bodi membuat Anda tidak perlu membawa kabel lain selain charger smartphone Android masa kini. Jadi lebih praktis saat traveling. Prosesnya sendiri memakan waktu lebih dari 2 jam.

Kualitas Audio

Infinix XE20

Jujur, ini adalah earphone TWS termurah yang pernah saya coba. Jadi untuk kualitas audio, saya tidak terlalu berharap banyak. Sementara tentu saja, Infinix XE20 mendukung codec SBC dan AAC, sehingga kualitasnya harus cukup bagus.

Dan memang benar, drive 10mm pada setiap earphone mampu menghadirkan kualitas audio yang relatif netral. Bass masih cukup jernih, tetapi jangan menekan instrumen lain. Sehingga sangat cocok untuk mendengarkan berbagai genre musik.

Mulai dari album baru Adele, hingga lagu-lagu EDM yang nyaman untuk didengarkan. Tapi sekali lagi, desain half-in-ear dapat mempengaruhi output audio.

Kesimpulan

Infinix XE20

Dengan harga Rp 200 ribu, Infinix XE20 hadir sebagai pilihan yang menarik. Tidak hanya dapat memberi Anda kenyamanan mendengarkan musik secara nirkabel, tetapi juga cocok untuk bermain game. Desainnya juga berbeda, sehingga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka memakai penyumbat telinga berbahan karet.

Sudah menggunakan port USB-C, daya tahan baterainya juga lama. Sebagian besar not di permukaan bodi mudah kotor, begitu pula mikrofon yang tidak cocok digunakan di tempat umum. Secara keseluruhan, layak untuk rilis pertama Infinix.

Spesifikasi Infinix XE20

Speaker: drive 10mm per earphone
Mikrofon: Ya
Warna: Putih, Hitam
Berat: –
Port pengisian daya: USB-C
Baterai: 550 mAh (casing pengisi daya)
Waktu Pengisian Daya: 150 menit
Pemutaran musik: 4 jam
Total pemutaran: 30 jam
Konektivitas: Bluetooth 5, mendukung codec SBC & AAC
Daya tahan: tahan percikan IPX4
Fitur: latency rendah 60ms
Harga resmi: Rp 209.000
82%

Murah berkualitas

Ulasan Infinix XE20

Meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, Infinix XE20 mampu menghadirkan variasi menarik yakni konektivitas prima.

  • Membentuk
  • karakteristik
  • Kualitas Audio
  • Baterai
  • Konektivitas

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*