Review OPPO A95: Hadirkan NFC, Fitur Lebih Lengkap

OPPO A95


TTerakhir kali kami memeriksa seri OPPO A, varian tertinggi lebih dari setahun yang lalu, yaitu OPPO A92 yang hadir dalam pilihan warna baru. Kemudian OPPO Indonesia memutuskan untuk melewatkan beberapa seri yang diluncurkan secara global, hingga akhirnya giliran OPPO A95 yang dihadirkan ke konsumen Indonesia.

Ya, daripada menunggu awal tahun, OPPO Indonesia memutuskan untuk menghadirkan varian baru bagi penggunanya yang mencari smartphone stylish dengan fitur lengkap. OPPO A95 juga hadir sebagai perangkat yang berusaha memenuhi kebutuhan pengguna smartphone modern, memberikan fitur-fitur yang sebelumnya hanya tersedia di seri Reno maupun seri Find, menjadi kelas harga yang lebih terjangkau.

Sejujurnya, spesifikasi di atas kertas tidak istimewa. Meski demikian, ada beberapa hal menarik yang justru membuat perangkat ini layak dipilih di kisaran harga Rp 3-4 jutaan. Karena tidak hanya bergaya, OPPO A95 juga didesain cukup kokoh, cocok untuk berbagai skenario penggunaan. Ini ulasan lengkapnya.

Ringkasan Daftar Isi

Tunjukkan kepadaku

Membentuk

Saya tidak bosan mengatakan bahwa OPPO selalu berhasil menghadirkan perangkat dengan tampilan yang stylish, terlepas dari kisaran harga yang ditargetkan. Tentu saja OPPO A95 mengusung bahasa desain yang umumnya terdapat pada seri yang lebih premium, yakni OPPO Glow. Selain menarik mata, ia juga memberikan perlindungan tersendiri.

Bodi belakang mampu memberikan efek glitter yang tidak berlebihan, baik untuk pilihan warna Glowing Rainbow Silver maupun Glowing Starry Black. Lapisan ini juga membuat OPPO A95 bebas dari sidik jari hingga goresan. Sehingga akan tetap terlihat seperti baru walaupun digunakan tanpa pelindung seperti soft case. Bukankah itu dingin?

Tidak berhenti sampai di situ, profilnya juga didesain tipis dengan ketebalan hanya 7.95mm. Sedangkan bobotnya juga ringan yakni hanya 175 gram. OPPO A95 berhasil melewati serangkaian uji fisik internal, mulai dari uji jatuh, hingga bodi belakang yang masih utuh meski dipanaskan hingga 500 derajat Celcius dalam jangka waktu 60 menit. Selain itu, ini bersertifikat IPX4 yang membuatnya tahan percikan.

Layar

OPPO A95

Karena ini adalah varian tertinggi dari seri OPPO A, tentu saja spesifikasi layarnya istimewa. Memiliki dimensi 6,43 inci dengan resolusi full HD+, panelnya sudah menggunakan Super AMOLED yang mampu memberikan saturasi dan kontras terbaik. Lengkap dengan Fingerprint Unlock In 3.0, tampilan yang sangat akurat dan responsif.

Bezel keempat sisinya agak tipis, lengkap dengan dimensi kamera berlubang di kiri atas yang juga agak kecil. Memang yang dirasa kurang adalah refresh rate yang masih 60Hz. Setidaknya itu AMOLED ya. Sehingga memiliki fitur premium diantaranya always-on display yang bisa diaktifkan agar tidak melewatkan notifikasi penting.

OPPO A95

Cocok untuk bermain game, OPPO A95 setidaknya dilengkapi dengan touch sampling rate yang relatif tinggi, yaitu 135Hz dalam mode normal, hingga 180Hz dalam mode game, sehingga akan mudah mengikuti gerakan jari saat bermain. Akurasi warna juga cukup baik, mendukung 100% sRGB dan 92% DCI-P3 warna.

Kamera

OPPO A95

Menampilkan modul kamera dengan warna kontras, OPPO A95 memiliki pengaturan AI Triple Camera 48MP. Sensor utama memiliki aperture yang relatif besar pada f/1.7. Sayangnya, dua sensor lainnya hanya sensor sekunder, beresolusi 2MP untuk menghasilkan efek foto portrait dan close-up.

Saya pribadi sangat kecewa dengan tidak adanya sensor ultra wide angle yang seharusnya cukup umum dan juga wajib untuk segmen harganya. Setidaknya sensor utama tergolong berkualitas. AI Scene Enhancement mampu memberikan peningkatan saturasi dan kontras mengikuti objek yang terdeteksi, sedangkan efek HDR juga tak kalah efektif dalam meningkatkan bayangan pada pencahayaan yang menantang.

Saat Anda memasuki skenario interior, foto terlihat agak halus, tetapi jumlah noise tetap terjaga dengan baik. Hanya pada malam hari, penggunaan night mode bisa digunakan untuk mencerahkan foto dan memberikan ketajaman ekstra. Hasil foto portrait juga cukup baik, baik untuk subjek manusia maupun objek.

Meski kamera depan memiliki sudut pandang lebar, Anda tetap bisa mengaktifkan AI Beautification secara default. Pasalnya, kenaikan yang diberikan masih terlihat natural, baik pria maupun wanita. Efek potretnya juga cukup halus, meski menggunakan topeng.

Anda dapat mengakses foto lengkap dari kamera OPPO A95 album berikutnya.

pkpuDU8UAcz1LMyGVgFkLArgrRZDMo0DjwYiexHnUIv6uvPpfh7GzVye2WsC2jAGtUSGFq8l jiCxgFWOaCE7BTk26ympUijTLNn xfP9qWgNEVaHCx89
Di luar, uji kemampuan HDR
59MGC2FuuLkNmgQBhqrdi0Oh RhX TDO0eP3H8pRKrTNUjJNHd84bsoKbO5wRf7xk1xwGerDQZPf VWvaTMDUc5XBh1EuKvlJ 7PLhRRwaNNThl4e
Interior, cahaya berlimpah
Csr wftuMsrAidEQP5BpkYjPRg7tefMcKQ1ty81Vw1kvVEAsCSuNo1ZCQFZUfmA0pqmd4xb 4V87advgI2SUBYRBajNPqZVUyrTxq0r8vramwwk7M
Internal, zoom digital 2x
xBYhaeeRTrL3sTWT SDmorDkeHRylNoZ EEWk0fjuVs7AskWKk3WHK9p5p7oRYR7x BbpUWa7gGPbgDUMWXrXomPQ1tMgWe6F8kzgVrZs6GpkVa2QJ68CnQJ68
Uji kemampuan sensor utama untuk menangkap detail objek
Artikel terkait

Ulasan Fujitsu Lifebook U9311: Portabilitas & Keamanan…

Smartphone realme C25Y entry-level mengandalkan kamera 50 MP,…

Ini dia fitur unggulan kamera OPPO Find X3 Pro 5G yang bikin…

Ulasan ASUS Zenfone 8: Android Kecil Terbaik 2021

ngvVUCeZpDsVqO5MHecxAkmn8X1daS EmBZa9IMhFYhYTyax8ElPBM8QvLp K87sfbNiecdjZsHwOj0Ay gpFMXMe3bZ5rYZtDEGt2NCSP0DhpWU3
Kondisi pencahayaan gelap
HiiaXzg2E884eJZnrNAnJ3R8bSHG 7Q9lSv YVB4tjbhniSFluHwHMmSLUHDtEGCR8 mYyoeKx0yatukBrd55coN797aBNPRXdYSzb24o68XJQK4zut7wLC7ScrVwk7
Depan, kamera eksternal tanpa mode potret
8jpgcCc62ZOHYanuNO8eKwFtbuksx0guvlyc1lhiRSPnXy8mZo79pTJWvL6KOg2F4J1MeewZKq9EZjRfx3 nxYnpk6hJ3OkGvWTVSFctsh3r9pHKIUok00
Dengan mode potret

Untuk perekaman video, baik kamera depan maupun kamera belakang OPPO A95 dapat merekam hingga resolusi 1080p 30fps. Belum ada 4K30 atau 1080p 60fps, tapi setidaknya ada EIS. Ada beberapa catatan tentang fitur stabilisasi video yang satu ini.

Pertama, Anda tidak perlu khawatir hasil video menjadi goyang saat dilihat di jendela bidik. Pasalnya, efek stabilisasi baru akan diberikan setelah perekaman video selesai, sehingga hanya hasilnya yang terlihat stabil. Sayangnya, EIS belum tersedia untuk kamera depan. Jadi tangan harus lebih stabil saat merekam video jika tidak ada alat bantu.

Fitur

OPPO A95

Sama seperti seri smartphone OPPO yang lebih premium, OPPO A95 juga menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Namun jika ditilik lebih jauh, ada beberapa fitur yang ‘menyusut’ di dalamnya. Dengan kata lain, hanya fitur-fitur penting yang dibawa ke smartphone ini.

Misalnya, opsi tampilan always-on lebih terbatas tanpa penyesuaian tampilan jam. Hal yang sama berlaku untuk opsi wallpaper yang tidak memiliki opsi bergerak. Tapi jangan khawatir, fitur seperti App Cloner, Smart Sidebar hingga Quick Return Bubbles masih tersedia. Menambahkan fitur hardware khusus yang hanya tersedia pada OPPO A95 resmi di Indonesia.

Ya, sensor NFC. Hardware yang satu ini umumnya tergantung daerah alias tergantung daerah masing-masing yang mau mengusungnya atau tidak. Untungnya, pengguna Indonesia mendapatkan yang paling lengkap. Anda bisa menggunakan OPPO A95 untuk mengisi saldo atau sekedar mengecek saldo kartu e-money Anda sebelum menggunakan transportasi umum atau lainnya.

Pencapaian

OPPO A95

OPPO A95 menggunakan chipset lawas yaitu Qualcomm Snapdragon 662 yang memiliki fabrikasi 11nm. Chipset ini memiliki CPU octa-core dengan clock speed tertinggi hingga 2GHz pada Kryo 260 Gold core, dipadukan dengan GPU Adreno 610. Lalu bagaimana dengan performanya?

Untuk smartphone yang menggunakan chipset yang sama, bisa dibilang OPPO A95 terasa lebih cepat dari kompetitornya. Mungkin berkat optimasi System Booster dari ColorOS. Namun jika Anda mencari performa terbaik, tentu saja OPPO A95 bukanlah yang terbaik. Baiklah, termasuk untuk permainan.

OPPO A95

Mobile Legends atau Pokemon Unite masih nyaman untuk dimainkan, namun jika digunakan untuk Genshin Impact, lag atau stutter akan lebih sering terjadi. Sedangkan untuk kemampuan multitaskingnya dibantu oleh fitur RAM Expansion yang menambah kelegaan pada kapasitas RAM bawaan OPPO A95 sebesar 8GB.

Dengan penyimpanan internal yang cukup besar sebesar 128GB, Anda dapat mengambil sisa memori yang tidak terpakai hingga 5GB, membuat RAM OPPO A95 dapat ditingkatkan menjadi 13GB. Saya pribadi tidak mengubahnya secara maksimal, secara default cukup untuk beralih antar aplikasi media sosial harian.

Baterai

Salah satu bagian terbaik dari smartphone ini adalah daya tahan baterainya. Meski memiliki dimensi tipis dan ringan, OPPO berhasil menyematkan baterai 5.000 mAh ke dalam bodi OPPO A95. Lengkap dengan teknologi fast charging juga, plus berbagai fitur keamanan baterai lainnya.

Jika OPPO Reno6 sendiri mampu bertahan seharian dengan mudah meski baterainya lebih kecil, tentunya OPPO A95 mampu bertahan lebih lama. Mungkin untuk pemakaian ringan saja, bisa sampai dua hari. Kemudian ketika baterai habis, arus 33W dapat mengalirkannya dari rendah ke penuh dalam waktu sekitar satu jam — hanya 10-15 menit.

Apakah Anda jauh dari steker dan baterai hampir habis? Dapat mengaktifkan mode hemat daya atau mode hemat daya super. Ingin menghemat baterai pada waktu tidur? Aktifkan optimasi sleep-ready sehingga baterai OPPO A95 hanya menggunakan kurang dari 5% sepanjang malam.

Kesimpulan

OPPO A95

Untuk kelas harga Rp 3-4 jutaan, OPPO A95 tentu bukan yang paling cocok untuk sobat Gizmo yang mencari perangkat dengan kamera terbaik dan performa paling lincah. Namun jika diibaratkan raport, nilainya genap, karena fiturnya cukup lengkap.

Kualitas sensor kamera utama cukup oke, begitu juga dengan layar lebar AMOLED. Performa multi-tasking yang optimal berkat ekspansi RAM, masa pakai baterai yang lama dan dukungan untuk pengisian cepat, serta fitur perlindungan seperti IPX4 sehingga bodinya didesain anti gores. OPPO A95 cocok digunakan oleh banyak pengguna termasuk mereka yang bekerja di luar rumah.

84%

Lengkap, tapi…

ulasan OPPO A95

Meski telah membawa sensor NFC dan baterai yang besar, spesifikasi OPPO A95 sebenarnya kurang menggigit, meski akan cocok untuk banyak tipe pengguna di Indonesia.

  • Membentuk
  • Menampilkan
  • Kamera
  • karakteristik
  • Pencapaian
  • Baterai

.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*